Berikut 7 Cara Menghilangkan Sakit Perut Dengan Mudah

Berikut 7 Cara Menghilangkan Sakit Perut Dengan Mudah

Berikut 7 Cara Menghilangkan Sakit Perut Dengan Mudah – Cara menghilangkan sakit perut tanpa obat perlu diketahui, terutama saat sakit perut menyerang di tengah malam dan Anda sedang tidak memiliki persediaan obat-obatan. Beberapa cara menghilangkan sakit perut tanpa obat hanya memerlukan bahan-bahan yang tersedia di rumah.

Ada banyak kondisi yang menyebabkan sakit perut, seperti keracunan makanan, alergi makanan, GERD, touchy bowel disorder, gastroenteritis, maupun menstruasi. Meskipun sakit perut adalah hal yang wajar dan pernah dialami setiap orang, keluhan ini tetap mengganggu penderitanya.

Sebelum menggunakan obat medis, Anda bisa mempertimbangkan beberapa cara menghilangkan sakit perut tanpa obat, apalagi jika kondisi Anda tidak memungkinkan untuk mendapatkan atau menjangkau obat medis.

Berbagai Cara Menghilangkan Sakit Perut Tanpa Obat

Cara menghilangkan sakit perut tanpa obat bisa dilakukan dengan melemaskan otot yang tegang maupun menerapkan pola makan khusus. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan sakit perut tanpa obat:

1. Kompres discuss hangat

Air hangat suam-suam kuku, atau bersuhu sekitar 40–45° celcius, diketahui efektif sebagai cara menghilangkan sakit perut tanpa obat. Mengompres perut dengan discuss hangat akan melemaskan otot yang tegang saat sakit perut, terutama jika sedang menstruasi. Selain itu, kompres hangat juga dapat mengurangi sakit perut yang dialami oleh penderita crabby bowel disorder.

Selain mengompres perut dengan discuss hangat, Anda juga bisa mandi discuss atau berendam discuss hangat untuk menghilangkan sakit perut tanpa obat.

2. Gunakan balsem

Cara menghilangkan sakit perut tanpa obat yang selanjutnya adalah dengan mengoleskan balsem ke perut. Balsem mengandung bahan aktif yang dapat melemaskan otot perut. Bahan aktif utama yang withering banyak ditemukan dalam balsem adalah minyak kayu putih (eucalyptus).Bahan ini memiliki efek antiradang dan antibakteri yang akan meredakan nyeri perut secara alami.

Bahan-bahan aktif lain yang umumnya terdapat dalam baslem, seperti mentol, minyak barus, dan minyak pala, juga dipercaya ampuh dalam meredakan sakit perut. Kandungan bahan-bahkan aktif inilah yang membuat balsem efektif sebagai cara menghilangkan sakit perut tanpa obat.

3. Minum cuka apel

Cuka apel mengandung probiotik yang dapat menjaga keseimbangan bakteri di dalam perut dan meredakan sakit perut akibat infeksi bakteri H.pylori. Tak hanya sakit perut, kembung dan asam lambung quip akan membaik dengan mengonsumsi obat sakit perut alami ini.

Namun, selalu pastikan untuk mengencerkan cuka apel dengan discuss sebelum meminumnnya sebagai cara menghilangkan sakit perut tanpa obat. Pasalnya, keasaman cuka apel yang belum diencerkan dapat meningkatkan kadar asam lambung.

4.Minum teh jahe

Jahe telah lama dimanfaatkan sebagai obat home grown untuk mengatasi sakit perut. Manfaat jahe sebagai cara menghilangkan sakit perut tanpa obat ini bisa dilakukan dengan mengolahnya sebagai teh atau wedang jahe.

Caranya adalah dengan merebus jahe yang telah dimemarkan atau diiris dalam discuss. Anda juga bisa menambahkan madu untuk meningkatkan cita rasa. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi permen, ekstrak, atau suplemen jahe untuk meredakan sakit perut yang disertai mual dan muntah.

Manfaat jahe sebagai cara menghilangkan sakit perut tanpa obat diperoleh dari senyawa alami gingerol di dalamnya yang dapat melancarkan pencernaan. Selain itu, jahe juga dapat melemaskan otot perut, sehingga sakit perut play on words teratasi.

Baca Juga : Berikut Cara Obati Telapak Kaki Sakit Saat Berdiri

5. Minum teh chamomile

Teh chamomile telah lama dikenal sebagai obat tidur alami berkat efek menenangkannya. Selain itu, mengonsumsi teh chamomile juga bermanfaat sebagai cara menghilangkan sakit perut tanpa obat yang ampuh.

Manfaat ini diperoleh dari sifat antiradang dalam teh chamomile yang dapat meredakan sakit perut akibat berbagai penyakit peradangan, seperti GERD, bad tempered bowel disorder, dan gastroenteritis. Jenis teh ini juga kaya akan senyawa alami polifenol yang mampu melemaskan otot saluran pencernaan, sehingga efektif dalam meredakan sakit perut dan muntah.

6. Minum teh peppermint

Peppermint mengandung senyawa aktif mentol dan metil salisilat yang dapat melemaskan usus (antispasmodik), sehingga dapat meredakan sakit perut. Selain itu, peppermint juga mampu melancarkan gerak cairan empedu di saluran pencernaan, sehingga proses pencernaan menjadi lebih lancar.

Karena manfaatnya tersebut, teh peppermint bisa dijadikan sebagai cara menghilangkan sakit perut tanpa obat, terutama bagi penderita gastroenteritis atau sembelit yang disebabkan oleh crabby bowel disorder maupun alergi makanan.

Selain minum teh peppermint, Anda juga bisa mengoleskan minyak peppermint yang diencerkan dengan carrier oil sebagai cara mengatasi sakit perut tanpa obat.

7. Terapkan pola makan BRAT

BRAT adalah singkatan dari banana (pisang), rice (nasi), applesauce (apel yang dihaluskan), dan toast (roti panggang). Makanan-makanan rendah serat di atas bermanfaat dalam memadatkan tinja, sehingga dapat meringankan sakit perut akibat diare ataupun keracunan makanan.

Namun, jangan menerapkan pola makan ini untuk jangka panjang guna mencegah terjadinya kekurangan nutrisi dan kalori yang diperlukan oleh tubuh.

Makanan yang Harus Dihindari Saat Sakit Perut

Selain menerapkan beberapa cara menghilangkan sakit perut tanpa obat di atas, memiliah-milih makanan saat sedang sakit perut juga penting.Hal ini bertujuan agar sakit perut segera membaik.

Saat sakit perut, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi makanan dan minuman berikut ini:

  • Minuman bersoda dan berkafein, karena dapat meningkatkan asam lambung
  • Minuman beralkohol, karena dapat menyebabkan iritasi usus
  • Makanan pedas, karena dapat memperparah diare
  • Makanan berminyak, karena lemak dapat menghambat pencernaan

Jika telah melakukan cara menghilangkan sakit perut tanpa obat tetapi keluhan tidak juga membaik, bahkan disertai dengan gejala lain, seperti mual dan muntah parah atau terjadi selama berhari-hari, BAB berdarah, sesak napas, atau sakit perut yang makin parah, periksakanlah diri Anda ke dokter untuk mendapat penanganan yang sesuai.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *