Berikut ini Makanan Untuk Sakit Gigi Sehat

Berikut ini Makanan Untuk Sakit Gigi Sehat

Berikut ini Makanan Untuk Sakit Gigi Sehat – Sakit gigi memang sangat menyiksa manusia. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, sakit gigi juga membuat Anda harus lebih berhati-hati dalam mengonsumsi makanan dan minuman.

Makanan dan minuman apa sajakah ini? Lihat daftarnya di bawah ini.

Makanan dan minuman bagi penderita sakit gigi.Pada dasarnya, jika Anda sedang sakit gigi, sebaiknya pilih makanan yang konsistensinya lembut. Hindari juga konsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin. Pasalnya, mengonsumsi makanan pada suhu tersebut dapat menyebabkan gigi sensitif.

Berikut beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dikonsumsi saat Anda sedang sakit gigi.

1.Susu dan Turunannya

Minuman susu organik untuk sakit gigi Keju dan yogurt merupakan dua jenis produk olahan susu yang juga bisa Anda konsumsi untuk sakit gigi. Selain teksturnya yang lembut, kedua makanan ini tinggi kalsium sehingga mampu menguatkan gigi. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLOS ONE, yogurt merupakan produk susu terbaik untuk mencegah penyakit gusi karena asam laktat yang terbentuk selama proses fermentasi.

2. Permen bebas gula

Mulut kering dapat menyebabkan berbagai masalah gigi.Jika Anda mulai merasakannya, cobalah mengunyah permen bebas gula. Dengan cara ini, produksi air liur ditingkatkan untuk mencegah pertumbuhan bakteri pada gigi kering.

3. Bawang Putih

Dengan sifat antibakteri seperti allicin, bawang putih dapat mencegah sakit gigi akibat bakteri. Selain itu, bumbu masakan ini juga bisa meredakan nyeri yang merupakan salah satu gejala sakit gigi.Anda bisa menggunakan bawang putih hanya dengan cara dihaluskan lalu dioleskan pada area gigi yang sakit.

Cara Memanfaatkan Bawang Putih Sebagai Obat Sakit Gigi

Sakit gigi tentu sangat menyakitkan. Ada banyak obat alami yang ampuh dan bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi, termasuk bawang putih. Mengapa bawang jenis ini bisa menjadi obat sakit gigi? Sebagai?Alasan mengapa bawang putih bisa menjadi obat sakit gigi. Penyebab sakit gigi bisa bermacam-macam, antara lain kerusakan gigi, kerusakan gigi, gusi terinfeksi, dan kebiasaan.

4. Pisang

Pada dasarnya buah dianggap sebagai makanan yang aman bagi penderita sakit gigi. Namun jika ingin mengonsumsi buah-buahan yang konsistensinya keras seperti apel, jambu biji, atau pir, sebaiknya dihaluskan terlebih dahulu. Namun buah-buahan seperti pisang atau buah naga bisa dimakan langsung karena sama-sama memiliki konsistensi yang lembut.

5. Telur

Salah satu makanan yang mudah disantap saat Anda sedang sakit gigi adalah telur. Anda bisa membuat telur dadar, telur goreng, telur orak-arik, atau telur rebus. Selain itu telur juga bisa dipadukan dengan bahan lain seperti tomat, kubis atau sayuran lainnya. Makanan ini tidak hanya aman untuk digigit tetapi juga mengandung protein yang dibutuhkan tubuh.

6. Sayuran yang dimasak

Seperti halnya buah, Anda bisa makan hampir semua sayuran jika sedang sakit gigi. Namun, berhati-hatilah untuk melunakkan teksturnya. Anda bisa memasak sayuran hanya dengan merebusnya atau bahkan mengubahnya menjadi smoothie agar lebih mudah disantap. Dengan mengonsumsi sayur, Anda tidak akan kehilangan vitamin atau antioksidan saat sakit gigi.

Baca Juga : Berikut Cara Menghilangkan Bau Badan Dengan Mudah

8 Mitos Tentang Sakit Gigi yang Sering Menimbulkan Kesalahpahaman

Banyak mitos tentang sakit gigi yang tidak benar, namun masyarakat masih mempercayainya. Hal ini menimbulkan kesalahpahaman yang dapat berdampak buruk pada kesehatan mulut dan gigi. Apa saja mitos-mitos tersebut? Lalu apa fakta sebenarnya? Mitos tentang sakit gigi yang sering dipercaya. Biasanya mitos mengenai kesehatan gigi tersebar dari mulut ke mulut atau informasi online.Sebelum menerapkan metode tertentu, penting bagi Anda.

7. Kismis

Manfaat Kismis Sebagai Makanan Penderita Sakit Gigi Tekstur kismis yang lengket dan rasanya yang manis mungkin membuat Anda enggan memakannya saat sedang sakit gigi. Padahal, makanan ini memberikan manfaat baik untuk gigi Anda. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Contemporary Clinical Dentistry menyebutkan bahwa kismis mengandung lima jenis fitonutrien (senyawa khas tumbuhan) dan antioksidan.Salah satu senyawa tersebut adalah asam oleanolic yang dapat membantu menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab kerusakan gigi. Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat kismis ini.

8. Teh hijau

Tidak hanya makanan, minuman yang tepat juga harus dipilih untuk sakit gigi. Di antara berbagai jenis teh, Anda bisa memilih teh hijau untuk mengurangi peradangan gusi dan mencegah pertumbuhan bakteri mulut penyebab penyakit gigi dan gusi.Meski begitu, mengonsumsi teh bisa menyebabkan gigi cepat menguning. Jadi jagalah tetap seimbang dengan minum air putih yang cukup dan rutin menyikat gigi.

9. Teh herbal

Salah satu infus yang baik untuk gigi adalah teh mint. Pasalnya bahan ini mengandung bahan aktif berupa mentol yang mampu membantu meredakan gigi sensitif.Mint juga mengandung zat antibakteri yang mampu melawan penyakit gigi akibat infeksi bakteri. Selain untuk persiapan, Anda bisa memanfaatkan teh celup untuk meredakan sakit gigi. Biarkan kantong teh yang sudah disiapkan menjadi dingin terlebih dahulu lalu letakkan di gigi Anda.

10. Bubur

Sakit gigi bisa membuat Anda sulit makan nasi, meski Anda tetap perlu mengonsumsi karbohidrat yang cukup untuk energi.Salah satu pengganti nasi untuk sakit gigi adalah bubur. Teksturnya yang lembut tidak hanya terasa enak untuk gigi Anda, tetapi juga untuk sistem pencernaan Anda.

Selain lebih berhati-hati dalam memilih minuman dan makanan, jaga juga kebersihan mulut setiap saat, termasuk rutin mengunjungi dokter gigi untuk mencegah sakit gigi. Perlu Anda ketahui bahwa sakit gigi yang tidak ditangani secara serius dapat menimbulkan masalah kesehatan yang lebih serius. Oleh karena itu, jika Anda mempunyai keluhan terhadap kesehatan mulut dan gigi Anda, jangan ragu untuk segera berkonsultasi ke dokter.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *