Berikut ini Obat Untuk Mengatasi Sakit Pinggang

Berikut ini Obat Untuk Mengatasi Sakit Pinggang

Berikut ini Obat Untuk Mengatasi Sakit Pinggang – Obat sakit pinggang bisa diandalkan untuk mengurangi nyeri pinggang yang membatasi aktivitas atau menurunkan produktivitas kerja. Obat sakit pinggang memiliki berbagai sediaan, mulai dari obat oles hingga tablet pereda nyeri.

Sakit pinggang tergolong kondisi yang sering ditemukan. Umumnya, sakit pinggang muncul akibat duduk terlalu lama atau mengangkat beban berat. Sakit pinggang juga bisa terjadi akibat saraf kejepit (HNP), atau skiatika.Sementara pada wanita, sakit pinggang sering terjadi sebelum haid atau saat haid.

Ada banyak macam obat sakit pinggang yang bisa Anda gunakan, seperti obat minum, obat oles, maupun koyo. Anda dapat memilihnya berdasarkan kondisi, aktivitas, dan tingkat keparahan nyeri yang sedang dialami.

Beberapa Macam Obat Sakit Pinggang

Berikut adalah beberapa jenis obat sakit pinggang yang bisa digunakan:

Counterpain

Counterpain hadir dalam dua bentuk sediaan, yaitu krim atau gel. Counterpain krim mengandung metil salisilat, menthol, dan eugenol, sedangkan Counterpain Cool Gel hanya mengandung menthol.

Kandungan metilsalisilat dalam Counterpain Krim bisa meredakan peradangan dan nyeri di otot pinggang. Krim ini juga dapat menimbulkan sensasi hangat sehingga membuat pinggang terasa lebih nyaman.

Sementara itu, Counterpain Gel dapat menimbulkan efek sejuk pada pinggang. Obat ini bisa digunakan pada sakit pinggang yang disebabkan oleh otot tegang, misalnya setelah berolahraga.

Obat sakit pinggang ini dapat digunakan 3–4 kali sehari.

Voltaren Emulgel

Voltaren Emulgel bermanfaat meredakan nyeri dan peradangan yang mengganggu di pinggang. Obat sakit pinggang ini mengandung bahan aktif diclofenac diethylamine yang cepat menyerap ke dalam kulit untuk meredakan nyeri dan mengurangi peradangan pada sakit pinggang.

Voltaren Emulgen dapat digunakan 3–4 kali sehari. Perlu diingat, jangan oleskan obat di zone yang tidak sakit. Jangan pula gunakan pada kulit yang mengalami luka, iritasi, atau infeksi.

Salonpas

Salonpas mengandung metil salisilat, l-mentol, dan dl-camphor. Ketiga bahan ini akan memberikan sensasi dingin di awal, kemudian meninggalkan sensasi hangat. Efek ini dapat memberikan rasa nyaman pada otot yang nyeri.

Sementara kandungan metil salisilat dalam koyo ini dapat bekerja sebagai antinyeri dengan mengurangi peradangan pada otot atau sendi di pinggang yang sakit.

Obat sakit pinggang ini dapat dibeli bebas tanpa perlu berkonsultasi dengan dokter.Cara pakainya adalah dengan ditempelkan di region pinggang yang sakit. Perlu diingat, jangan tempelkan koyo pada kulit yang terluka.

Neo Rheumacyl

Neo Rheumacyl adalah obat sakit pinggang yang mengandung ibuprofen dan paracetamol. Kedua kandungan ini bekerja dengan cara menghambat senyawa yang menimbulkan nyeri. Dengan begitu, sakit pinggang dapat mereda.

Neo Rheumacyl bentuk tablet ini sebaiknya dikonsumsi sesudah makan sebanyak 1 tablet, 3–4 kali sehari. Obat sakit pinggang ini dapat dibeli tanpa resep dokter, tetapi pemakaiannya harus sesuai dengan aturan pada kemasan.

Baca Juga : Berikut Ini Manfaat Buah dan Batang Teratai Bagi Kesehatan

Paramex Nyeri Otot

Obat sakit pinggang ini mengandung paracetamol dan ibuprofen. Paramex Nyeri otot bekerja sebagai pereda nyeri dengan cara mengurangi senyawa penyebab peradangan. Konsumsilah obat ini 1 tablet, 3–4 kali sehari setelah makan.

Obat ini bisa dibeli tanpa resep dokter. Namun, penggunaannya tidak boleh berlebihan.Selalu baca peringatan dan aturan pakai pada kemasan.

Neuralgin Rhema

Neuralgin Rhema bermanfaat untuk meredakan sakit pinggang yang disertai atau disebabkan oleh gangguan pada saraf. Obat sakit pinggang ini mengandung diklofenak sebagai pereda nyeri dan radang, serta vitamin B1, vitamin B6, dan vitamin B12 yang berfungsi untuk mengoptimalkan penyembuhan sel saraf.

Neuralgin Rhema bisa dikonsumsi sebelum atau sesudah makan. Obat ini hanya bisa dibeli dengan resep dokter.

Cap Lang Minyak Urut GPU

Cap Lang Minyak Urut GPU terbuat dari methyl salicylate, camphor, menthol, dan minyak atsiri, seperti minyak sereh dan minyak eukaliptus. Kombinasi bahan tersebut dapat memberikan sensasi hangat di kulit dan mengalihkan rasa sakit sehingga bisa digunakan sebagai obat sakit pinggang ringan.

Obat sakit pinggang ini dapat dibeli bebas di apotek. Anda dapat menggosokkan atau mengoleskan minyak ini di pinggang yang sakit.

Flexocare Pereda Nyeri Otot

Flexocare adalah obat sakit pinggang berbentuk fix yang mengandung karbon aktif, discuss, garam, besi, dan vermikulit (mineral).Flexocare berguna untuk menghangatkan pinggang sehingga memperlancar aliran darah dan suplai oksigen pada otot pinggang yang nyeri, pegal-pegal, dan kaku.

Meski bentuknya sejenis dengan koyo, Flexocare tidak boleh digunakan langsung pada kulit. Untuk menggunakannya, lepaskan perekat dan tempelkan pada bagian dalam pakaian. Jika dirasa terlalu panas, fix dapat ditempel pada bagian luar pakaian.

Karena tidak mengandung bahan aktif yang masuk ke dalam tubuh, produk ini aman untuk digunakan sebagai obat sakit pinggang pada ibu hamil.Produk ini juga cocok digunakan untuk meredakan sakit pinggang saat menstruasi.

Lioresal

Kandungan baclofen dalam Lioresal bermanfaat untuk melemaskan otot pinggang yang kaku dan tegang. Dengan begitu, keluhan sakit pinggang seperti kaku dan nyeri juga akan berangsur mereda.

Penting untuk diingat, jangan langsung mengemudi atau melakukan kegiatan lain yang membutuhkan kewaspadaan setelah mengonsumsi Lioresal, karena obat ini dapat menyebabkan kantuk, pusing, atau gangguan keseimbangan.

Lioresal termasuk obat keras.Anda hanya bisa menggunakan obat sakit pinggang ini setelah berkonsultasi dengan dokter.

Epsonal

Epsonal mengandung eperisone yang bekerja melemaskan otot. Epsonal bisa menjadi obat untuk sakit pinggang yang terasa kaku dan tegang. Dengan berkurangnya ketegangan di otot, nyeri di pinggang juga dapat berkurang.

Epsonal dapat menyebabkan kantuk, lemas, dan pusing.Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk tidak mengemudi atau melakukan aktivitas yang membutuhkan kewaspadaan setelah mengonsumsi obat ini.

Epsonal hanya bisa dibeli dengan resep dokter. Obat ini dikonsumsi 3 kali sehari setelah makan.

Selain mengonsumsi obat sakit pinggang di atas, ada beberapa upaya yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi nyeri di pinggang. Anda bisa menggunakan kompres dingin atau hangat, memakai korset yang dapat menjaga postur tubuh saat beraktivitas, atau melakukan peregangan sederhana.

 

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *