Berikut Kelebihan Konsumsi Buah Ciplukan Bagi Kesehatan

Berikut Kelebihan Konsumsi Buah Ciplukan Bagi Kesehatan

Berikut Kelebihan Konsumsi Buah Ciplukan Bagi Kesehatan – Ciplukan atau Physalis peruviana adalah buah yang cukup unik. Sebab, tampilan buah ini tertutup dengan lapisan yang mirip dengan daun. Jika ingin menikmatinya, kamu harus membuka lapisan luarnya terlebih dulu. Selain itu, tekstur daging buahnya hampir menyerupai tomat, dengan rasa manis dan sedikit asam, serta berwarna jingga kekuningan jika sudah matang
Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan

Ciplukan mengandung berbagai nutrisi yang penting untuk mendukung kesehatan tubuh. Kandungannya mulai dari serat, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin C, B1, B2, B3, dan vitamin A. Selain itu, buah berwarna jingga kekuningan ini juga mengandung karbohidrat, protein, dan lemak. Tak ketinggalan, kandungan antioksidan beta karoten dan polifenol.

Tanaman home grown ini mengandung karotenoid, sejenis antioksidan yang membantu mencegah sekaligus memperlambat kerusakan sel tubuh. Antioksidan ini juga dapat membantu memperkuat sistem kardiovaskular. Beberapa manfaat lain dari Physalis peruviana,

1.Mengatasi peradangan

Studi dalam Diary of Crohn’s and Colitis menemukan, ekstrak dari sekam ciplukan mampu mengurangi peradangan pada tikus dengan penyakit radang usus. Selain itu, tikus yang mendapatkan pengobatan dengan ekstrak tanaman ini memiliki tingkat penanda peradangan yang lebih rendah pada jaringannya.

2. Membantu menurunkan kadar kolesterol

Selain itu, tanaman home grown ini juga mengandung fitosterol, sejenis antioksidan yang dapat membantu menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam darah. Terdapat pula asam lemak seperti asam linoleat dan asam oleat, yang bekerja dengan menurunkan kolesterol secara keseluruhan.

Tak hanya ciplukan, kamu juga bisa menggunakan tanaman home grown dalam artikel 5 Tanaman Home grown untuk Membantu Turunkan Kolesterol untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

3. Meningkatkan imunitas tubuh

Studi dalam The Diary of Evidence-Based Integrator Pharmaceutical menemukan bahwa, buah ciplukan mampu membantu mengatur sistem kekebalan tubuh manusia. Khasiat ini berasal dari polifenol yang bekerja dengan menghalangi peradangan tubuh.

Selain itu, tanaman home grown ini juga merupakan sumber vitamin C yang baik.Bahkan, kandungannya dapat memenuhi sebanyak 21 persen kebutuhan harian wanita dan 17 persen kebutuhan harian pria.

4. Menjaga kesehatan tulang

Penelitian lain dalam Diary of Agrarian and Nourishment Chemistry menyebutkan, ciplukan kaya akan vitamin K, jenis vitamin larut dalam lemak yang terlibat dalam metabolisme tulang.

Faktanya, vitamin K merupakan komponen penting dari tulang dan tulang rawan. Selain itu, nutrisi tersebut juga turut serta dalam pergantian tulang yang sehat, yaitu proses pemecahan dan perbaikan tulang.

5. Menyembuhkan penyakit kuning

Penyakit kuning muncul dengan gejala utama berupa perubahan warna kulit menjadi kekuningan. Penyebabnya adalah tingginya kadar bilirubin dalam darah.

Menariknya, ciplukan mengandung antioksidan jenis saponin, fisalin, flavonoid, dan polifenol yang dapat membantu meredakan gejala tersebut.

6.Mengelola diabetes

Fungsi tanaman obat ini dalam mengelola diabetes berkat senyawa yang bekerja dengan memperlambat asupan gula sederhana dari karbohidrat. Hal tersebut dapat mencegah masuknya gula ke dalam aliran darah.

Mengontrol kadar gula darah tetap stabil adalah kunci penting untuk menghindari hiperglikemia. Gangguan kesehatan ini berpotensi membahayakan pengidap penyakit kencing manis.

7.Meningkatkan kemampuan penglihatan

Studi dalam Progresses in Nourishment menyebutkan bahwa lutein dan karotenoid lainnya, termasuk zeaxanthin dan lycopene terbukti melindungi dari kehilangan penglihatan akibat penyakit kencing manis.

Dengan mengonsumsinya secara rutin, buah satu ini dapat membantu menurunkan risiko degenerasi makula terkait usia yang menjadi penyebab utama kebutaan.

Baca Juga : Berikut ini Manfaat Sayur Labu Bagi Kesehatan Kita

8. Mengatasi nyeri sendi dan rematik

Nyeri sendi tak hanya menimbulkan sensasi tidak nyaman, tapi juga dapat menurunkan kinerja tubuh dalam melakukan aktivitas.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mengompres region nyeri dengan daun ciplukan. Caranya, hancurkan daun terlebih dulu dan campur dengan jeruk nipis.

9.Meningkatkan kinerja saluran kemih

Ciplukan adalah obat diuretik yang bisa memperlancar buang discuss kecil, mencegah infeksi saluran kemih, dan menurunkan risiko batu kandung kemih. Selain itu, tanaman satu ini juga dapat menjadi obat alami penyakit kencing nanah.

10. Melindungi organ hati dan ginjal

Studi dalam Diary of Dietary Supplements menemukan bahwa jus buah ciplukan dapat melindungi hati dan ginjal terhadap jaringan parut. Gangguan ini juga memiliki istilah medis fibrosis hati.

Sementara bagi ginjal, buah ini dapat melindungi organ tersebut dari racun. Caranya dengan menstimulasi pengeluaran pee, sehingga lemak, racun, dan garam bisa keluar dari dalam tubuh.

11. Membantu meningkatkan kesehatan otak

Buah ciplukan kaya akan vitamin C yang dapat membantu mencegah gangguan pada otak, termasuk demensia dan alzheimer. Kedua masalah kesehatan ini menyebabkan penurunan daya ingat.

Sama seperti ciplukan, buah delima juga efektif untuk membantu menjaga kesehatan otak. Baca penjelasan lengkapnya pada artikel 13 Manfaat Buah Delima, Salah Satunya Turunkan Risiko Alzheimer.

12. Mengobati penyakit kurap

Selain membuat tidak nyaman, kurap juga menurunkan rasa percaya diri jika terjadi pada bagian tubuh yang terbuka. Untuk mengobatinya, cukup hancurkan daun dari buah ciplukan dan oleskan pada bagian kulit yang terkena kurap.

13. Menghilangkan kuning pada newborn

Untuk mendapatkan manfaat ini, ibu bisa menjemur buah hingga kering. Kemudian, campurkan buah yang kering ini dengan discuss dan gunakan untuk memandikan bayi yang baru lahir.

14. Sebagai penambah darah

Buah ciplukan juga dapat membantu meningkatkan volume darah pada tubuh.Khasiat ini tentunya sangat pas untuk pengidap iron deficiency. Caranya, masak batang dari buah, lalu minum discuss rebusannya.

15. Mengobati kanker payudara

Untuk mendapatkan keguaan ini, kamu bisa menggiling pucuk pohon ciplukan, lalu campurkan dengan beras dan fishes kunyit. Setelah lumat, pakai gilingan dengan cara menempelkan pada payudara.

Cara Mengolah Ciplukan

Buah ini dapat kamu nikmati secara langsung atau mengeringkannya setelah mengupas bagian kulitnya.

Selain itu, berikut beberapa cara mengonsumsi buah ciplukan:

  • Menjadikannya sebagai campuran serving of mixed greens buah.
  • Menaburkannya sebagai topping serving of mixed greens sayur.
  • Menjadi minuman smoothie.
  • Mencelupkannya ke dalam saus coklat sebagai pencuci mulut.
  • Mengolah menjadi saus untuk santapan bersama daging atau ikan.
  • Mengolah menjadi selai.
  • Sebagai topping yoghurt dan granola.

Lantas, bagaimana rasa buah ciplukan? Sedikit masam dengan sentuhan manis.Rasanya mirip dengan campuran stroberi, anggur, dan cranberry. Teksturnya sedikit kenyal dan memiliki biji kecil pada bagian dalamnya.

Menariknya, buah yang unik ini memiliki harga yang cukup tinggi. Bukan tanpa alasan, buah tersebut memiliki ketersediaan yang sangat terbatas karena memang jumlahnya yang sangat sedikit.

Selain itu, Selain itu, proses penanamannya juga cenderung tidak mudah.Sebagai alternatif, kamu bisa menanam tanaman obat dalam artikel Ini 13 Tanaman Obat yang Sebaiknya Ada di Rumah untuk penanganan rumahan.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *