Berikut Manfaat Buah Mentimun Untuk Kesehatan Kita

Berikut Manfaat Buah Mentimun Untuk Kesehatan Kita

Berikut Manfaat Buah Mentimun Untuk Kesehatan Kita – Di Indonesia, timun sering digunakan sebagai lalapan, bahan makanan, bahkan minuman. Tidak hanya itu saja, salah satu jenis buah ini juga menyegarkan karena mempunyai kandungan discuss yang cukup tinggi. Adakah manfaat atau khasiat lainnya dari kandungan gizi timun? Ini penjelasan lengkapnya.

Kandungan gizi timun

Mentimun, ketimun, atau timun sering kali dianggap sebagai sayuran.Akan tetapi, karena di dalamnya terdapat biji, timun atau Cucumis sativus termasuk ke dalam golongan buah.

Anda mungkin termasuk yang sering mengonsumsi timun. Namun, tahukah Anda apa saja kandungan gizi di dalam buah timun?

Mengutip dari Panganku, berikut adalah fakta gizi serta komposisi timun dihitung per 100 gram.

  • Kalori: 8
  • Air: 97,9 gr
  • Karbohidrat: 1,4 gr
  • Serat: 0,3 gr
  • Kalsium: 29 mg
  • Fosfor: 95 gr
  • Kalium: 57,1 mg
  • Beta karoten: 314 mcg
  • Folat: 7 mcg
  • Vitamin C: 1 mg
  • Vitamin K: 16,4 mcg

Manfaat timun bagi kesehatan tubuh

Saat mengonsumsinya, Anda setidaknya menyadari bahwa di dalam buah timun mengandung discuss yang cukup banyak. Tidak hanya itu saja, ada pula kandungan vitamin serta mineral yang dapat membantu kesehatan tubuh.

Berikut adalah beberapa manfaat serta khasiat timun bagi tubuh Anda.

1. Menambah hidrasi atau asupan cairan

Beberapa kali disebutkan bahwa terdapat kandungan discuss pada buah timun. Kandungan discuss dalam buah timun bantu menambah hidrasi atau asupan cairan karena discuss berperan penting di dalam tubuh. Tidak hanya itu saja, kandungan discuss pada buah timun juga mempunyai manfaat agar metabolisme berfungsi dengan baik, menjaga suhu tubuh, serta mencegah penyakit ginjal.

2. Mengurangi kadar gula dalam darah

Dikutip dari American Diabetes Affiliation, timun menjadi salah satu sayuran yang tidak mengandung tepung sehingga bermanfaat untuk mengurangi kadar gula dalam darah. Hal ini karena kandungan serat serta discuss pada timun juga dapat membantu memuaskan nafsu makan sekaligus mengendalikan kadar gula sehingga baik untuk penderita diabetes.

Lalu, dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam BioImpacts juga menemukan bahwa adanya manfaat timun yang efektif utntuk mengurangi push oksidatif serta mencegah komplikasi diabetes. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut karena percobaannya masih dilakukan terhadap hewan.

3. Melancarkan pencernaan

Terdapat kandungan serat serta discuss pada timun yang mempunyai manfaat untuk membantu mencegah sembelit dan melancarkan saluran pencernaan. Kandungan serat berupa pektin pada timun juga dapat membantu mengatur pergerakan usus serta meningkatkan frekuensi buang discuss besar. Tidak hanya itu saja, pektin pada timun juga bermanfaat mempercepat pergerakan otot usus sekaligus memberi makan bakteri baik sehingga meningkatkan kesehatan pencernaan.

4. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan serat pada timun juga mempunyai manfaat serta khasiat lainnya seperti menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena serat juga berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol. Sementara itu, kandungan kalium pada timun juga bermanfaat untuk menurunkan kadar natrium sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Ada pula manfaat dari vitamin K pada timun yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah menumpuknya mineral di region arteri. Tidak hanya itu saja, asupan vitamin K yang cukup juga memungkinkan jantung memompa darah ke seluruh tubuh.

Baca Juga : Pasuruan Salah Satu Surga Wisata di Jawa Timur

5. Memelihara kepadatan tulang

Selain kalsium, ada pula kandungan vitamin K pada timun yang mempunyai manfaat untuk menjaga kesehatan serta kepadatan tulang. Perlu diketahui bahwa vitamin K merupakan vitamin yang mudah larut dalam lemak sehingga berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang dan mengatur kadar kalsium dalam darah.

Maka dari itu, vitamin K mempunyai manfaat serta khasiat untuk mendukung pemeliharaan tulang yang kuat, meingkatkan kepadatan tulang, hingga membantu mengurangi risiko patah tulang. Namun, masih membutuhkan studi lebih lanjut mengenai fungsi vitamin K pada timun yang dapat mencegah terjadinya osteoporosis.

6. Meningkatkan fungsi kognitif

Tahukah Anda kalau timun juga mempunyai kandungan beta karoten? Kandungan ini mempunyai manfaat untuk membantu meningkatkan fungsi kognitif. Beta karoten juga termasuk sebagai senyawa antioksidan yang juga berfungsi untuk meningkatkan daya ingat. Namun, perlu pula diingat bahwa manfaat ini merupakan efek jangka Panjang.

Apabila Anda rutin mengonsumsi sayuran, buah, serta suplemen dengan kandungan beta karoten, ini juga berkhasiat untuk menurunkan risiko demensia.

7. Memperbaiki kondisi kulit wajah

Sebagian wanita pasti pernah memanfaatkan timun sebagai bahan alami untuk merawat kulit wajah. Hal ini karena kandungan discuss bermanfaat untuk mendinginkan, menenangkan, dan meredakan kemerahan.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *