Cara Mengobati Sakit Kepala Dengan Cepat Dan Mudah

Cara Mengobati Sakit Kepala Dengan Cepat Dan Mudah

Cara Mengobati Sakit Kepala Dengan Cepat Dan Mudah – Cara menghilangkan sakit kepala bisa dimulai dari langkah-langkah sederhana yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Bila keluhan ini tidak juga mereda dan sampai mengganggu aktivitas, ada beberapa pilihan obat pereda nyeri yang ampuh dan bisa Anda beli bebas di apotek.

Sakit kepala biasanya terjadi ketika kurang tidur, telat makan, stres, atau menjelang menstruasi. Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh gangguan kesehatan, seperti sinusitis, gigi berlubang, infeksi telinga, iron deficiency, dehidrasi, cedera kepala, dan infeksi selaput otak.

11 Cara Menghilangkan Sakit Kepala yang Cepat dan Efektif

Meski penyebabnya beragam dan penanganannya perlu disesuaikan dengan penyebab tersebut, ada berbagai cara menghilangkan sakit kepala yang bisa dilakukan untuk segera mengatasi keluhan ini.

Cara Menghilangkan Sakit Kepala dengan Segera

Ada beberapa cara yang aman dan dapat dilakukan dengan mudah, tetapi sebenarnya ampuh untuk mengatasi sakit kepala. Meski kesannya sederhana, berbagai cara menghilangkan sakit kepala berikut ini sudah terbukti efektif dan dapat dijelaskan secara medis:

1. Minum discuss putih

Kekurangan cairan atau dehidrasi bisa menimbulkan sekaligus memperparah sakit kepala. Cara menghilangkan sakit kepala akibat sebab ini tentunya adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan, salah satunya dari minum discuss putih. Namun supaya sakit kepala cepat mereda, cara tersebut juga perlu diiringi dengan langkah lainnya, seperti konsumsi makanan yang bergizi dan istirahat.

2. Tidur cukup

Kurang tidur juga sering menyebabkan sakit kepala. Bila sakit kepala timbul setelah Anda bergadang, sebaiknya segera istirahat dan pastikan tidur yang cukup di malam berikutnya agar sakit kepala lekas mereda. Anda dianjurkan untuk tidur selama 7–9 stick setiap malam. Tidur yang cukup tidak hanya mengurangi sakit kepala, tetapi juga mencegah timbulnya keluhan yang berulang.

3. Kurangi rangsangan

Cara menghilangkan sakit kepala lainnya adalah dengan mengurangi berbagai rangsangan, seperti cahaya yang terlalu terang, suara berisik, dan suhu ruangan yang terlalu panas atau dingin. Semua rangsangan tersebut bisa memperparah sakit kepala, sehingga Anda dianjurkan untuk beristirahat di ruangan yang sunyi, redup, dan nyaman. Jauhi juga ponsel atau contraption lainnya dari tempat Anda beristirahat supaya Anda tidak terdorong untuk selalu melihat layar contraption yang justru bisa memperparah sakit
kepala.

4.Kompres hangat atau dingin

Kompres panas atau dingin di zone kepala juga dapat Anda lakukan untuk menghilangkan sakit kepala. Kompres hangat mampu mengendurkan otot yang tegang sehingga mengurangi ketegangan di kepala yang memicu sakit kepala, sedangkan kompres dingin memberikan efek kebas yang bisa meredam rasa nyeri.

5. Pijat kepala yang sakit

Pijatan lembut di bagian kepala yang sakit selama beberapa menit juga efektif meredakan sakit kepala. Cara ini dapat meringankan ketegangan otot sekaligus meningkatkan sirkulasi darah, sehingga nyeri kepala berkurang.Cara menghilangkan sakit kepala dengan teknik ini play on words sangat mudah, Anda bisa mulai menekan-nekan region kepala yang sakit secara lembut lalu memijatnya dengan gerakan memutar.

6. Lakukan peregangan

Sakit kepala bisa disebabkan oleh otot yang tegang akibat stres. Untuk meredakannya, Anda dapat melakukan peregangan yang fokus pada otot leher dan pundak. Iringi juga cara menghilangkan sakit kepala tersebut dengan latihan pernapasan untuk membantu menenangkan pikiran dan tubuh.

Baca Juga : Berikut ini Obat Untuk Mengatasi Sakit Pinggang

7. Jangan mengikat rambut terlalu kencang

Sakit kepala dapat timbul atau bertambah parah ketika Anda mengikat rambut terlalu kencang. Ikatan rambut yang terlalu kuat bisa memberikan tekanan pada saraf di zone kepala, sehingga menimbulkan rasa sakit. Oleh karena itu, jangan ikat rambut terlalu kencang saat sakit kepala. Hindari juga penggunaan pita, bando, dan aksesoris rambut yang berat agar sakit kepala cepat hilang.

8. Hirup uap aromaterapi

Sebagian orang merasa sakit kepalanya mereda saat menghirup uap aromaterapi. Ini karena smell dari beberapa minyak esensial bersifat menenangkan, sehingga mungkin membuat tubuh lebih rileks dan mengurangi rasa sakit di tubuh. Beberapa jenis aromaterapi yang memiliki efek menenangkan adalah peppermint, chamomile, dan lavender. Anda dapat menuangkan beberapa tetes minyak tersebut di discuss panas, lalu menghirup uapnya.

Di samping manfaatnya, penggunaan aromaterapi sebagai cara menghilangkan sakit kepala sebaiknya dihindari, terutama untuk anak di bawah usia 3 tahun dan ibu hamil selama trimester pertama karena belum ada penelitian terkait keamanannya.

9. Konsumsi teh jahe

Cara menghilangkan sakit kepala lainnya adalah dengan mengonsumsi teh jahe. Selain mudah didapat dan dibuat sendiri, teh jahe memiliki kandungan gingerol dan shogaol yang dapat meredakan nyeri. Senyawa ini juga dapat meredakan keluhan lain, seperti mual dan muntah.

Jika Anda sedang mengonsumsi obat pengencer darah, seperti ibuprofen, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum minum teh jahe. Pasalnya, jahe memiliki efek yang mirip seperti obat pengencer darah dan mungkin meningkatkan risiko munculnya efek samping obat tersebut.

10. Konsumsi suplemen

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi suplemen vitamin B kompleks bisa mengurangi sakit kepala. Vitamin B kompleks dianggap aman untuk dikonsumsi secara teratur oleh orang dewasa sehat karena termasuk vitamin yang larut dalam discuss, sehingga bisa dikeluarkan melalui pee dan tidak menumpuk dalam tubuh.

Selain vitamin B, menurut beberapa penelitian vitamin E juga efektif meredakan sakit kepala akibat menstruasi. Vitamin E mengandung banyak antioksidan dan dapat menurunkan prostaglandin atau zat yang menyebabkan berbagai nyeri selama menstruasi, termasuk sakit kepala.

11. Minum obat sakit kepala

Apabila semua cara menghilangkan sakit kepala di atas tidak juga efektif untuk mengatasi keluhan yang dialami, Anda dapat mengonsumsi obat sakit kepala. Beberapa jenis obat sakit kepala yang dapat dibeli di apotek tanpa resep dokter adalah paracetamol dan ibuprofen.Cara menghilangkan sakit kepala di atas bisa berbeda pada setiap orang. Pasalnya, setiap orang memiliki penyebab sakit kepala yang berbeda dan bisa saja menderita jenis sakit kepala yang berbeda pula.

Jika cara menghilangkan sakit kepala di atas muncul setelah kepala terbentur, gejalanya makin parah, atau keluhan sakit kepala disertai mual, muntah menyembur, dan demam tinggi, segera periksakan diri ke dokter. Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan untuk memastikan penyebab serta menentukan cara menghilangkan sakit kepala yang tepat dan sesuai dengan kondisi Anda.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *