Cara Obati Sakit Gigi Dengan Mudah dan Herbal

Cara Obati Sakit Gigi Dengan Mudah dan Herbal

Cara Obati Sakit Gigi Dengan Mudah dan Herbal – Obat sakit gigi alami bisa menjadi penanganan pertama ketika mengalami sakit gigi, sehingga keluhan yang ditimbulkannya dapat segera mereda dan tidak berlarut-larut. Obat-obatan ini berasal dari bahan alami yang mudah ditemukan di rumah, seperti garam, bawang putih, dan es batu.

Sakit gigi ditandai dengan munculnya rasa nyeri di dalam atau di sekitar gigi. Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari gigi berlubang, gigi retak atau patah, tumbuh gigi, infeksi pada gusi, cedera, tambalan gigi rusak, masalah pada rahang, hingga infeksi sinusitis.

Jika tidak ditangani, keluhan sakit gigi dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan memengaruhi kesehatan.Agar keluhan tidak makin berlarut-larut, Anda bisa mengonsumsi obat sakit gigi alami yang tersedia di rumah.

Beragam Obat Sakit Gigi Alami

Sakit gigi tidak hanya ditandai dengan munculnya rasa nyeri, tetapi juga bisa disertai dengan gejala lain, seperti sakit kepala, gusi bengkak, sensitif terhadap panas dan dingin, hingga perdarahan pada gigi.

Untuk mengurangi keluhan tersebut, berikut ini adalah beberapa pilihan obat sakit gigi alami yang bisa Anda gunakan:

1. Garam

Anda bisa menjadikan garam sebagai obat sakit gigi alami. Caranya mudah, Anda cukup mencampurkan ½ sendok teh garam ke dalam segelas discuss hangat, lalu gunakan larutan discuss garam tersebut sebagai obat kumur.

Air garam dapat menjadi disinfektan alami untuk mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka di mulut. Tak hanya itu, berkumur menggunakan discuss garam juga bisa membantu membuang sisa makanan dan kotoran yang menempel di antara gigi.

2. Minyak cengkeh

Minyak cengkeh mengandung senyawa eugenol yang bersifat sebagai antiseptik alami. Senyawa ini dapat meredakan rasa sakit dan mengurangi peradangan akibat sakit gigi.

Untuk menjadikannya sebagai obat sakit gigi alami, Anda dapat mencampurkan 5 tetes minyak cengkeh dengan 1 sendok teh minyak zaitun. Lalu, rendam kapas ke dalam larutan tersebut hingga minyak menyerap. Setelah itu, gigit kapas dengan gigi yang sakit selama 10 menit.

Selain dengan cara itu, Anda juga bisa mencampurkan 1 tetes minyak cengkeh ke dalam segelas kecil discuss untuk menjadikannya sebagai obat kumur. Dengan begitu, keluhan sakit gigi quip mereda.

3. Teh peppermint

Selain bisa diminum, teh peppermint juga bisa dimanfaatkan sebagai obat sakit gigi alami. Manfaat ini didapat berkat kandungan mentol di dalam teh peppermint yang mampu meredakan nyeri akibat sakit gigi.

Untuk mendapatkan manfaat teh peppermint sebagai obat sakit gigi alami, Anda bisa memasukkan kantung teh peppermint yang telah diseduh ke dalam cooler selama beberapa menit. Setelah itu, gigit kantong teh peppermint menggunakan gigi yang sakit.

4. Bawang Putih

Khasiat bawang putih sebagai obat sakit gigi alami ini sudah lama diketahui. Hal ini karena bawang putih dipercaya mampu meredakan nyeri sakit gigi sekaligus membunuh bakteri penyebab plak gigi.

Untuk menjadikan bawang putih sebagai obat sakit gigi alami, Anda dapat menghaluskan 1 siung bawang putih, lalu mengoleskannya ke gigi yang sakit.

Tak hanya itu, untuk merasakan khasiat bawang putih tersebut, Anda juga dapat mengunyah bawang putih segar yang sudah dikupas menggunakan gigi yang sakit secara perlahan.

Baca Juga : Cara Mengobati Ambeien atau wasir Dengan Mudah dan Cepat

5. Es Batu

Jika sakit gigi disebabkan oleh benturan yang mengakibatkan cedera pada gigi, Anda dapat menempelkan es batu yang telah dibungkus kain atau handuk bersih ke sisi luar pipi selama 20 menit.

Cara tersebut terbukti ampuh untuk meredakan nyeri dengan membuat pembuluh darah di region yang sakit menjadi menyempit. Selain itu, rasa dingin dari es batu juga dapat mengurangi bengkak akibat sakit gigi.

6.Minyak kelapa

Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan rambut dan kulit, minyak kelapa juga bisa digunakan sebagai obat sakit gigi alami. Hal ini karena minyak kelapa memiliki sifat antibakteri yang dapat membasmi bakteri penyebab sakit gigi.

Untuk mendapatkan manfaat minyak kelapa sebagai obat sakit gigi alami, Anda bisa berkumur dengan 1 sendok makan minyak kelapa selama 15–20 menit, setiap pagi setelah Anda baru bangun tidur.

7. Daun jambu biji

Daun jambu biji memiliki sifat antiradang dan antibakteri yang dapat mengurangi pembengkakan dan nyeri, serta membasmi bakteri penyebab sakit gigi.Obat sakit gigi alami ini bisa Anda gunakan dengan cara dikunyah langsung atau menggunakan discuss rebusan daun jambu biji sebagai obat kumur.

8. Madu

Selain dikenal sebagai obat batuk alami, Anda juga dapat memanfaatkan madu sebagai obat sakit gigi alami. Hal ini karena madu memiliki sifat antibakteri dan antiradang yang efektif dapat mengurangi nyeri dan bengkak akibat sakit gigi.

Untuk menghilangkan sakit gigi, Anda bisa menjadikan madu sebagai obat kumur, dengan melarutkan 1 sendok makan madu dalam segelas discuss hangat.

Tidak hanya berkumur dengan larutan discuss madu, Anda juga bisa mendapatkan efek yang serupa dengan mengoleskan madu secara langsung ke region gigi yang terasa sakit.

9. Siwak

Mengunyah siwak atau miswak diketahui dapat meredakan sakit gigi. Hal ini karena raging dari pohon arak (Salvador persica) ini memiliki efek analgesik atau antinyeri dan dapat mengurangi bengkak pada gusi akibat sakit gigi.

Selain itu, obat sakit gigi alami satu ini juga memiliki efek antibakteri yang dapat membasmi bakteri penyebab sakit gigi.

Selain memanfaatkan bahan-bahan di atas sebagai obat sakit gigi alami, Anda juga harus menjaga kebersihan gigi. Pasalnya, sering kali akar masalah sakit gigi adalah kurang terjaganya kebersihan gigi dan mulut.

Oleh karena itu, biasakan untuk menyikat gigi secara rutin setidaknya 2 kali sehari selama 2 menit setiap kali Anda menyikat gigi. Gunakan sikat gigi berbulu lembut dengan gagang yang pas agar bisa menjangkau semua sela-sela gigi. Jika Anda memiliki gigi sensitif, sebaiknya gunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif ketika menyikat gigi.

Jika penggunaan obat sakit gigi alami sudah dilakukan selama 2 hari tetapi keluhan tak kunjung membaik, segera konsultasikan ke dokter gigi. Begitu juga halnya jika sakit gigi disertai dengan gejala lain, seperti demam, gusi merah, pipi dan rahang membengkak, telinga sakit, atau sulit untuk berbicara, menelan, bahkan bernapas.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *