Pasuruan Salah Satu Surga Wisata di Jawa Timur

Pasuruan Salah Satu Surga Wisata di Jawa Timur

Pasuruan Salah Satu Surga Wisata di Jawa Timur – Ingin berkunjung ke wisata Pasuruan yang populer? Yuk, simak informasi di bawah ini! Pasuruan terkenal dengan julukan Kota Santri. Salah satu kota di Jawa Timur ini play on words memiliki berbagai objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berbagai objek wisata, seperti discuss terjun, perbukitan, hingga kebun raya quip ada.Jaraknya yang tak terlalu jauh dari pusat kota menjadikan wisata Pasuruan mudah diakses untuk para wisatawan.

Daftar Wisata Pasuruan Terpopuler

Tempat wisata di Pasuruan dikenal dengan pemandangan alamnya yang memanjakan mata. Karena letak geografisnya yang berada di dataran rendah dan dikelilingi pegunungan, tak heran jika melahirkan berbagai wisata menarik. Apa saja wisata di Pasuruan yang bisa jadi spot foto Instagramable? Berikut daftarnya:

1.Kebun Raya Purwodadi

Salah satu wisata Pasuruan yang sudah buka adalah Kebun Raya Purwodadi. Ini adalah sebuah pusat konservasi berbagai tanaman langka di bawah naungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Tempatnya asri dan dikelilingi banyaknya pepohonan hijau. Tak heran, banyak orang berpiknik sambil melepas penat. Bahkan, sebagian wisatawan menjadikan tempat ini sebagai spot foto pre-wedding, lho.

2. Bromo Forest

Bromo Timberland sebagai gunung berapi aktif merupakan bagian dari wisata di Pasuruan yang tak kalah keren. Letaknya berada di beberapa wilayah, yakni Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Malang. Dikenal dengan sebutan Bromo Woodland Stop Tosari, ada berbagai spot foto keren yang bisa dipilih. Udara yang sejuk dan angin sepoi-sepoi cocok dinikmati saat sore hari menuju matahari terbenam.

3. Pantai Tambak Bahak

Bagi yang ingin berwisata discuss, tak perlu ragu untuk mengunjungi pantai Tambak Bahak. Tempat ini buka sampai malam hari, lho! Di Tambak Bahak, pengunjung bisa menikmati berbagai masakan olahan ikan yang menggoda selera. Pengunjung hanya membayar Rp5.000 untuk bisa menikmati suasana Tambak Bahak. Discuss laut yang biru jernih dan pasir putih membuat tempat ini mampu memanjakan mata maupun hati.

4. Taman Dayu Waterpark

Yuk, ajak Si Kecil mengunjungi Taman Dayu Waterpark untuk bermain discuss! Ini adalah sebuah wisata Pasuruan yang juga dipadukan dengan wahana outbound.Uniknya, wahana outbound tersebut lokasinya digabung dengan kolam renang Taman Dayu Waterpark, lho. Jadi, bisa berwisata outbound sambil menikmati pemandangan kolam dari tampak atas. Diperlukan membayar Rp50.000 per orang sebagai tiket masuk, ya.

5.Pemandian Banyu Biru

Pemandian Banyu Biru adalah wisata Pasuruan yang hanya berjarak 25 km atau 40 menit dari pusat kota. Pemandian ini telah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda dan punya cerita sejarah di dalamnya, lho. Berkat fasilitas lengkap dan suasana alam yang sejuk, pemandian ini selalu ramai dipadati pengunjung saat akhir pekan. Konon, di kolam ini terdapat ikan-ikan berukuran besar yang dikeramatkan, Moms.

6.Kampung Kelir

Dikenal dengan kampung Kelir Tosari, wisata di Pasuruan ini berada di sebuah kampung di lereng gunung Bromo. Pengunjung bisa menemukan sebuah perkampungan warna-warni dengan pemandangan alam yang indah. Berlatar belakang panoramik gunung Bromo, dijamin tempat ini bikin betah para pengunjung yang datang. Pastikan datang saat dawn atau dusk, ya. Dengan demikian, Mothers bisa merasakan momen terbaik saat mengunjungi tempat tersebut.

Baca Juga : Porang Buah Dengan Harga Seperti Emas

7. Coban Baung

Coban Baung adalah wisata Pasuruan yang dikenal dengan discuss terjun tinggi dan indah. Discuss Terjun Baung terletak di Taman Wisata Discuss (TWA) di lereng gunung Baung. Lokasinya berdekatan dengan Kebun Raya Purwodadi dan merupakan pertemuan dua aliran, yaitu Sungai Welang serta Sungai Beji. Bebatuan di sekitaran discuss terjun bisa jadi spot foto Instagramable yang keren, lho.

8. Discuss Terjun Kakek Bodo

Melansir Local Indonesia, Discuss Terjun Kakek Bodo memiliki ketinggian 40 meter dengan berbagai zone taman yang luas. Terdapat spot kolam renang sebagai wahana discuss yang bisa dimanfaatkan untuk berenang. Direkomendasikan untuk mengunjungi tempat ini saat tidak musim hujan. Sebab, charge discuss yang deras saat musim hujan membuat tempat ini rawan untuk bermain discuss.

9. Danau Ranu Grati

Danau Ranu Grati terbentuk karena aktivitas salah satu gunung berapi di sekitarnya pada zaman dahulu. Letaknya berada di pemukiman warga, wisata Pasuruan ini memiliki luas sekitar 1.085 hektar. Bentuknya yang seperti corong dan mengandung sedimen mineral, tempat ini seakan menjadi saksi bisu aktivitas gunung vulkanik.

Wisatawan bisa memanfaatkan wahana kayuh sepeda, becak discuss, serta berkeliling di sekitar danau sambil berfoto. Tempat ini juga sering dijadikan sebagai pemancingan untuk umum, lho!

10. Taman Safari Prigen

Taman Safari Indonesia 2 atau lebih dikenal dengan nama Taman Safari Prigen adalah salah satu destinasi wisata populer di Jawa Timur yang cocok dikunjungi oleh rombongan keluarga. Kebun binatang yang berlokasi di Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur itu memiliki koleksi satwa yang lengkap.Lokasinya yang berada di lereng Gunung Arjuno membuat suasana yang ditawarkan masih asri, ditambah dengan banyaknya pepohonan hijau yang rindang dan menenangkan.

Berdiri di atas lahan seluas 350 hektare membuat pengunjung yang datang dapat menjelajahi alamnya menggunakan kendaraan sambil melihat sekitar 300 spesies satwa yang tersedia. Selain dapat berinteraksi langsung dengan beberapa satwa yang dinilai masih aman, terdapat sejumlah wahana permainan semi extraordinary yang dapat Mothers nikmati saat berkunjung di Taman Safari Prigen ini.

11. Masjid Cheng Ho

Bagi yang ingin berwisata religi, mari kunjungi Masjid Cheng Ho di pusat kota Pasuruan!Menariknya, masjid jenis ini bisa ditemukan di kota lain, seperti Surabaya dan Palembang. Tak seperti rumah ibadah pada umumnya, masjid ini memiliki cerita sejarah. Nuansa merah dan hijau mendominasi rumah ibadah ini, lho!Masjid ini merupakan hasil perpaduan berbagai gaya sehingga membuat Masjid Cheng Ho didominasi oleh empat warna merah, kuning, biru, dan hijau.

Dalam kepercayaan Tionghoa, keempat warna ini adalah simbol kebahagiaan, kemasyhuran, harapan, dan kemakmuran.Selain menikmati keindahan arsitektur bangunan masjid, Mothers juga dapat melihat help laksamana yang bernama lengkap Muhammad Cheng Hoo bersama kapal yang digunakan saat mengarungi Samudera Hindia. Salah satu pesan yang hendak disampaikan melalui alleviation ini adalah agar umat Islam tetap rendah hati dalam menjalani hidup sehari-hari.

Baca Juga : 16 Daftar Wisata di Pagar Alam Paling Populer Saat ini

12. Discuss Terjun Gumandar

Wisata discuss terjun Gumandar Pasuruan adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Dayurejo, Kecamatan, Kabupaten Pasuruan, Propinsi Jawa Timur, Indonesia. Discuss terjun ini terbilang unik dan menarik karena aliran airnya langsung jatuh ke tanah bukan sebuah sungai atau kolam. Discuss yang diserap tanah lalu muncul lagi di aliran baru di sekitar pemukiman warga.

Karena charge airnya yang cukup besar, Mothers harus berhati-hati apabila mau foto di dekat discuss terjun.Selain itu, untuk akses menuju kesana juga mudah dilewati, dan sepanjang jalan anda akan ditemani pemandangan hutan dan sawah yang indah.

13. Hutan Mangrove Nguling

Hutan Mangrove Nguling, Pasuruan, Jatim, sudah lama dikenal wisatawan asal Pasuruan. Kawasan hutan ini terletak di Desa Penunggul, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan. Bahkan saat ini dijadikan wisata alternatif menarik untuk dikunjungi saat liburan.

Selain menikmati keindahan hutan mangrove, wisata Pasuruan ini juga sekaligus bisa mengedukasi wisatawan yang datang untuk lebih mencintai lingkungan sehingga tetap lestari dan memberikan banyak manfaat.

14. Candi Jawi

Wisata Pasuruan selanjutnya adalah candi Jawi. Candi peninggalan zaman Hindu-Buddha ini dibangun pada abad ke-13 dengan nama asli Jajawa. Terletak di kaki Gunung Welirang, Prigen merupakan salah satu tempat wisata di Pasuruan yang memiliki cerita tersendiri.Keindahan bangunannya memiliki smell sejarah yang kuat. Candi Jawi juga memiliki hubungan dengan Candi Jago, yang mana sama-sama menjadi tempat peribadatan dari Raja Kertanegara.

Keunikan arsitektur bangunan dan cerita sejarahnya yang akrab dengan masyarakat membuat wisata Mothers menjadi pengalaman yang sangat menarik. Selain berwisata, Mothers tentunya juga dapat mempelajari sejarah Kerajaan Singasari yang menjadi cikal bakal pembangunan Candi Jawi.

15.Saygon Waterpark

Saygon Waterpark adalah sebuah objek wisata Pasuruan yang sangat pas dijadikan destinasi berlibur apalagi jika Mothers membawa serta keluarga besar dan atau teman-teman. Terutama saat akhir pekan dan hari libur, tempat ini selalu ramai oleh pengunjung yang datang dari berbagai kota di Indonesia.

Objek wisata yang dibangun di atas lahan yang cukup luas ini menawarkan banyak pilihan wahana untuk segala usia. Wahana permainan yang ada di Saygon Waterpark tersebut diantaranya adalah kolam arus, kolam ombak, waterpark anak, slide kecepatan ekstrim, slide terbuka dan juga tertutup, tornado, dan masih banyak lagi yang lainnya.

16.Taman Ria Suropati

Taman Ria Suropati merupakan tempat wisata Pasuruan berupa taman rekreasi keluarga. Di tempat ini tersedia beragam wahana keren dan seru yang siap memanjakan wisatawan. Beberapa wahana yang tersedia diantaranya kolam renang, kebun binatang smaller than expected dan wahana permainan. Bagi yang hobi memancing disini juga terdapat zone kolam pemancingan. Untuk kolam renangnya terbagi dari kolam renang dewasa dan kolam renang khusus anak-anak.

Masih di wahana discuss, terdapat kapal dan perahu karet yang bisa anda nikmati. Bagi Mothers yang ingin berkeliling sekitar range wisata tersedia kereta smaller than expected yang bisa dinaiki anak-anak maupun orang dewasa. Taman Ria Suropati juga menghadirkan scaled down zoo atau kebun binatang smaller than expected. Satwa yang ada disini mulai dari buaya, kera, burung dan lain-lain. Untuk kemanan pengunjung tidak disarankan berinteraksi decara langsung dengan hewan-hewan tersebut.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *